banner 728x250

Kaum Muslimin Solat Tarawih Pertama

Penulis: admin | Kategori : Lubuklinggau
  • Bagikan

Beligat.com, LUBUKLINGGAU – Kaum muslimin khususnya di Lubuklinggau telah melaksanakan solat tarawih berjamaah di masjid-masjid. Hal itu sekaligus menandai bulan suci Ramadhan telah tiba. Seperti di Masjid Besar Al-Hidayah Lubuklinggau, warga sekitar telah memenuhi masjid di wilayah Kelurahan Wirakarya Kecamatan Lubuklinggau Timur II tersebut.

Ketua Masjid Besar Al-Hidayah Lubuklinggau, H Herman Jaya menjelaskan, solat tarawih berjamaah tersebut dilaksanakan sesuai sidang Isbat Kemenag RI bahwa 1 Ramadhan 1442 H jatuh pada Selasa (13/4). Makanya Senin (12/4), umat muslim sudah memulai tarawih.

“Terima kasih kepada pengurus terutama remaja masjid yang dikomandoi ketua peribadatan, Ust Nachimudin. Selain tarawih dan taklim, bakal ada juga tadarus selama Ramadhan meski dibatasi hingga pukul 10.00 WIB, ” ujar dia.

Herman menegaskan, seluruh jamaah yang melaksanakan ibadah di Masjid Al-Hidayah agar mengikuti protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19. Diantaranya memakai masker, hand sanitizer dan menjaga jarak.

“Anak-anak diminta tertib, jangan main-main. Bagi yang sakit terutama batuk-pilek, kami anjurkan beribadah atau solat di rumah agar tidak mengganggu jamaah lainnya,” tegas Herman sambil menyampaikan terima kasih kepada para donatur dan ibu-ibu yang menyumbang takjil dan materi lainnya untuk berbuka puasa.

Adapun petugas Solat Isya dan Tarawih malam pertama, dipimpiin Ustaz Awaludin Khoir yang sebelumnya memberikan tausiyah. Dalam ceramahnya, Ust Awaludin menerangkan betapa mulianya bulan Ramadhan.

“Ramadhan bulan penuh rahmat dan ampunan-Nya, banyak sekali keutamaan. Amal ibadah kita dilipatkan gandakan,
pintu langit dibuka, doa diangkat dan dikabulkan, pintu neraka ditutup, dosa-dosa diampuni bagi yang meminta ampunan. Adapula satu malam Ramadhan, lebih baik dari seribu bulan, ” ucap Ust Awaludin. (dkj)

  • Bagikan